Seperti ini Prinsip Kerja dari MCB (Miniature Circuit Breaker)

Seperti ini Prinsip Kerja dari MCB (Miniature Circuit Breaker)

Seorang teknisi listrik atau elektronika tentu sangat mengenal MCB bukan? Yup, benar sekali. MCB merupakan singkatan dari Miniature Circuit Breaker atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Miniatur Pemutus Listrik. Kita sangat mudah menemuai alat instalansi listrik ini, sebab alat ini tersedia di setiap rumah. Nah, berikut ada informasi lengkap seputar MCB, silahkan baca ya.

Informasi singkat mengenai MCB

Seperti yang telah saya singgung pada paragaf diatas, MCB merupakan kependekan dari miniature circuit breaker. Alat yang biasanya disediakan oleh pihak PLN ini berperan sebagai alat elektromekanikal yang berfungsi sebagai pelindung rangkaian listrik dari muatan arus yang berlebihan (melewati batas yang ditentukan). Atau lebih mudahnya sebagai pengaman listrik ketika adanya permasalahan arus.

Beberapa jenis MCB (Miniature Circuit Breaker)

Setelah anda mengenal apa itu MCB, mungkin anda semakin penasaran mengenai seluk beluk MCB. Dan untuk menghilangkan rasa penasaran tersebut, berikut ada informasi lanjutan berupa beberapa jenis MCB yang biasa dipakai.

Miniature circuit breaker secara umum dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan karakteristik pemutus sirkuit yang dimilikinya, yaitu :

  • Miniature Circuit Breaker Tipe B

Jenis ini merupakan jenis MCB yang akan trip ketika arus beban listrik jauh lebih besar 3-5 kali dari besar arus maksimum pada MCB. Miniature circuit breaker tipe B umumnya dipasang di perumahan pribadi atau pabrik sekala kecil.

  • Miniature Circuit Breaker Tipe C

Jenis MCB C merupakan MCB yang akan trip ketika arus beban lebih besar hingga 5-10 kali dari besar arus maksimum pada MCB. Jenis yang satu ini lebih sering dimanfaatkan pada sebuah industri dengan skala yang lebih besar, misalnya penerangan pabrik, gedung dan semacamnya.

  • Miniature Circuit Breaker Tipe E

Miniature circuit breaker tipe E merupakan jenis MCB yang paling besar, sebab jenis ini hanya akan trip ketika arus beban listrik lebih besar dari 10-25 kali dari besar arus maksimum pada MCB. Secara umum, jenis MCB tipe E ini banyak digunakan untuk keperluan peralatan yang memiliki lonjakan tinggi seperti mesin las dan mesin-mesin besar lainnya.

Prinsip kerja MCB (Miniature Circuit Breaker)

Dalam keadaan mati, miniature circuit breaker akan berfungsi seperti saklar ON/OFF pada umumnya yaitu memutuskan atau menyambungkan aliran arus listrik dalam keadaan manual. Akan tetapi, pada keadaan tertentu seperti misalnya dalam keadaan kelebihan beban (overload) atau konsleting (hubung singkat), MCB akan berubah fungsi sebagai pemutus arus listrik secara otomatis.

Rekomendasi terbaik tempat membeli MCB

Secara umum, pada instalansi listrik rumahan, biasanya MCB sudah disediakan oleh pihak PLN. Akan tetapi terkadang kita membutuhkan MCB untuk keperluan tambahan, disaat itulah kita harus membelinya sendiri.

Perlu anda ketahui, sekarang untuk membeli MCB tidak harus datang ke toko secara langsung loh. Akan tetapi bisa dilakukan secara online. smelektric merupakan sebuah website toko online yang bisa anda jadikan untuk memenuhi keperluan MCB anda secara online. Website tersebut merupakan sebuah website resmi dari toko penyedia sparepart elektrik terlengkap di glodok yaitu Sinar Mentari Elektrik.

Ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan ketika membeli sparepart elektrik ataupun MCB di website Sinar Mentari Elektrik, seperti misalnya ada begitu banyak pilihan barang, barang original, barang memiliki garansi, barang berstandar nasional maupun internasional, harga sangat terjangkau, pelayanan memuaskan, dapat memenuhi kebutuhan anda kapan saja dan dimana saja serta masih banyak lagi yang lain.