Berwisata Sembari Kebesaran Budaya Jawa di Keraton Surakarta

Berwisata Sembari Kebesaran Budaya Jawa di Keraton Surakarta

sewa mobil solo murah

Sewa mobil solo murah – Surakarta atau Solo merupakan salah satu kawasan yang dianggap sebagai pusat peradaban Jawa. Kawasan ini sudah ratusan tahun tumbuh dan berkembang hingga sekarang. Terdapat sebuah kerajaan Islam yang ada di sini yaitu Keraton Surakarta Hadiningrat. Sebuah kerajaan yang masih bertahan hingga sekarang walau saat ini sudah tidak memiliki kekuatan di pemerintahan dan hanya menjadi simbol bagi warga Surakarta dan sekitarnya.

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan saudara tua dari Keraton Yogyakarta Hadinigrat yang dulunya bersatu di satu panji yaitu Kesultanan Mataram Islam. Kemudian kerajaan tersebut pecah akibat Perjanjian Giyanti. Keraton ini merupakan salah satu keraton yang mampu bertahan hingga sekarang dan raja dari keraton ini akan bergelar Pakubuwono dan saat ini yang memimpin Keraton Solo adalah Pakubuwono XIII. Keraton Surakarta sebagian kawasannya dibuka untuk umum sehingga para turis dapat masuk dan menikmati berbagai macam koleksi yang ada di komplek ini.

Di sini berbagai macam koleksi bisa disaksikan seperti kereta kencana, barang pribadi Pakubuwono XII, lukisan raja-raja dari keraton ini, benda-benda pemberian Belanda, patung, dan masih banyak lagi koleksi lainnya. Selain menikmati koleksi yang ada, wisatawan juga bisa bersantai di kawasan keraton yang mana terdapat berbagai macam bangunan-bangunan yang bernilai sejarah tinggi dan juga unik. Terdapat bangunan dengan arsitektur Jawa Klasik dan juga terdapat bangunan dengan arsitektur Eropa sehingga menjadikan tempat ini sangat unik dan menarik.

Lokasi Keraton Surakarta:

Keraton Surakarta berlokasi di Baluwarti, Pasar Kliwon, Baluwarti, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Lokasinya berada di pusat Kota Solo dan mudah diakses mengunakan berbagai macam kendaraan. Bagi wisatawan yang sedang tour di Solo bisa mengunjungi objek wisata ini dan bisa mengunakan rental mocil Solo jika datang dalam jumlah besar.

Tiket dan Jam Buka Keraton Surakarta:

Objek wisata ini buka setiap hari kecuali hari Jumat. Jam bukanya mulai pukul 09:00 hingga 14:00 WIB pada hari Senin hingga Kamis jika Hari Sabtu dan Minggu tutup hingga pukul 15:00. Untuk masuk, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 perorang. Untuk wisatawan asing dikenai biaya Rp. 15.000,-.

Tips Wisata Keraton Surakarta:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman untuk kegiatan luar ruangan.
  2. Pakailah sandal atau sepatu yang nyaman.
  3. Jagalah kebersihan kawasan keraton.
  4. Sewa pemandu agar bisa mengetahui sejarah keraton.
  5. Harap tenang selama berkeliling keraton.